4 Cara Untuk Hamil Cepat Dan Sehat Setelah Haid

Setiap pasangan pasti berharap segera memiliki momongan ketika sudah menikah, Cara Untuk Hamil Cepat dan Sehat yang akan dibahas dibawah ini sangat bermanfaat bagi anda semua yang ingin menyegerakan program kehamilan dan memiliki buah hati tercinta.

Secara dasar, kehamilan adalah suatu proses yang membutuhkan adanya pertemuan sel telur dengan sel laki – laki. Keistimewaan seorang wanita adalah terdapat tanda – tanda yang dapat dikenali dengan baik pada tubuhnya ketika menginjak masa subur. Masa subur ini adalah saat yang paling tepat untuk menyatukan sel telur dengan sel laki – laki.

Cara Untuk Hamil Cepat dan Sehat

Cara Untuk Hamil Cepat dan Sehat

Masuk kepada pembahasan utama yang terbagi menjadi 3 bagian, yaitu membahas siklus haid, menghitung masa subur, mengenali lendir serviks yang menandakan masa subur, dan langkah – langkah pendukung agar program kehamilan berjalan dengan sukses.


Mengenali Siklus Haid Cara Untuk Bisa Hamil

Siklus menstruasi tiap wanita sangat unik dan berbeda, selain itu tiap bulan pun siklusnya akan berubah. Untuk itu, usahakan anda selalu mencatat siklus menstruasi selama beberapa bulan dengan memberi tanda pada hari pertama terjadinya haid sebagai hari ke -1 pada periode haid bulan tersebut. Setelah mencatat selama beberapa bulan maka akan nampak pola siklus haid dan juga masa suburnya.

Siklus haid adalah hal yang terpenting untuk diperhatikan jika anda merencanakan program kehamilan. Siklus menstruasi ialah rentang jumlah hari semenjak hari pertama menstruasi hingga hari pertama haid dibulan berikutnya.

Sehingga seperti yang dijelaskan sebelumnya, dengan menghitung siklus haid, maka anda dapat memperkirakan terjadinya ovulasi atau masa subur (keluarnya sel telur dari ovarium).  Contohnya adalah ketika anda mengalami siklus haid selama 28 hari maka masa suburnya adalah selama 6 hari yaitu lima hari sebelum ovulasi dan 1 hari saat terjadinya ovulasi.

Menghitung Masa Subur Cara Untuk Cepat Hamil

Setelah anda mengetahui dan memperkirakan jangka waktu siklus haid terpanjang dan terpendek dengan catatan minimal 8 bulan melakukan pencatatan masa haid. Maka anda dapat menghitung masa subur dengan rumus sederhana masa haid terpanjang dan masa haid terpendek.

Misalkan masa siklus terpanjang anda adalah 30 hari lalu dikurangi 11 hari. Maka hari pertama masa subur anda adalah hari ke 19. Sedangkan jika masa siklus terpendek adalah 27 lalu dikurangi 18 hari, maka hari pertama masa subur anda adalah hari ke – 9. Dari dua penghitungan tersebut, dapat disimpulkan bahwa masa subur anda adalah pada hari ke-9 sampai dengan hari ke – 19.

Munculnya Lendir Pada Serviks Salah Satu Cara Untuk Hamil

Cara Untuk Hamil Cepat Dan Sehat berikutnya adalah dengan mengamati lendir serviks. Jika keadaan siklus haid anda pendek, maka lendir serviks masa subur akan segera dimulai tidak lama setelah haid selesai. Begitupun dengan sebaliknya, jika masa haid anda tepat pada masa terpanjang, maka lendir penanda kesuburan akan lebih lama muncul.

Lendir atau cairan serviks adalah suatu penanda masa subur bagi kaum wanita. Ciri utama lendir serviks yang menandakan masa subur adalah terletak pada tekstur dan warna dari lendir serviks. Hanya saja, intensitas keluarnya lendir serviks diengaruhi juga oleh tingkat hormon.

Ciri lainnya adalah dengan melihat secara langsung lendir serviks setelah masa haid. Ketika lendir tampak lengket dan keruh maka dipastikan ini bukanlah masa yang tepat untuk menjalankan program kehamilan, karena ciri terebut menunjukan belum masuknya masa subur wanita. Ketika menginjak masa subur, maka lendir serviks bertekstur lebih licin dan jernih seperti putih telur.

Cara Untuk Hamil Cepat Dan Sehat Dengan Tindakan Pendukung

Agar program kehamilan berjalan sesuai rencana perlu adanya perhatian khusus serta komitmen dari tiap pasangan baik pria maupun wanita. Berikut ini adalah 3 poin pendukung agar pogram hamil cepat berjalan sesuai dengan harapan.

  • Waktu Berhubungan Suami Isteri

Aturlah waktu berhubungan secara teratur, lakukan menjelang dan pada masa subur dengan intensitas sekitar 2-3 kali dalam seminggu.

  • Menerapkan Pola Hidup Sehat

Menjalani pola hidup sehat memang gampang – gampang susah. Namun demi mendapatkan buah hati dengan program hamil yang sehat maka anda harus berkomitmen menerapkan pola hidup sehat.

salah satu caranya adalah dengan menjaga berat badan yang ideal, olahraga secara teratur, mengonsumsi makanan dan minuman bergizi tinggi, serta mengoptimalkan asupan asam folat. Hindarilah merokok, minuman beralkohol serta obat – obatan yang tidak dianjurkan oleh dokter kandungan.

  • Hindari Olahraga Berlebihan

kesuburan seorang wanita dapat mengalami penurunan ketika menjalani program diet yang ketat dengan cara olahraga yang berlebihan. Hal ini menyebabkan terganggunya kesuburan sel telur, maka imbangi olahraga dengan istirahat yang cukup.

Dari semua uraian diatas, diperlukan kesabaran dan konsisten dalam menjalankannya. Jangan lupa untuk berkonsultasi ke dokter kepercayaan anda serta berdoa kepada Tuhan. Semoga program kehamilan anda berjalan dengan semestinya dan segera diberikan buah hati.

Yuk Share Artikel Kesehatan ini ke sosial media kamu....

Setelah 4 Cara Untuk Hamil Cepat Dan Sehat Setelah Haid, Baca Juga Tips Kesehatan Di Bawah Ini