Yuk Kenali 7 Jenis Makanan Yang Berbahaya Bagi si Buah Hati

Apa saja ya Makanan yang berbahaya bagi si Buah Hati itu ? Reaksi alergi yang dialami buah hati mengindikasikan adanya racun atau hal buruk lainnya yang mungkin saja bisa menimpa si kecil. Hal ini disebabkan karena bayi yang berusia 1 tahun kebawah belum bisa mencerna makanan dengan sempurna. Maka, mulai saat ini bunda harus lebih wasapada dalam memilih makanan dan minuman untuk sang buah hati ya.

Budaya yang mengakar pada masyarakat, “melegalkan” pemberian makanan berat pada bayi dibawah satu tahun. Wajar saja sebagai orang tua ingin memperkenalkan beragam makanna berat pada sang buah hati, namun berhati-hatilah, karena tidak semua makanan yang diberikan cocok untuk pencernaan bayi. Apa saja Makanan yang tidak dianjurkan bagi si Buah Hati ini ? yuk simak dibawah ini.

Makanan yang berbahaya bagi si Buah Hati

Makanan yang berbahaya bagi si Buah Hati

Susu Sapi, Susu Kambing Susu Kedelai utuh Berbahaya Bagi bayi dibawah 1 Tahun

Protein yang terkandung pada susu sapi, kambing, maupun susu kedelai utuh sangat berbahaya bagi saluran pencernaan bayi, karena dapat mengiritasi dan melukai pencernaannya. efeknya bisa memicu pendarahan padasaat buang air besar. Selain itu, Protein tersebut juga tidak dapat dicerna dengan optimal pada sistem pencernaan bayi, idelanya adalah bayi usia dibawah satu Tahun masih harus diasupi oleh ASI. Protein Pada susu sapi, kambing, dan kedelai tidak memiliki gizi dan nutrisi yang cukup untuk bayi, sehingga tumbuh kembangnya pun terganggu. Parahnya lagi, tingginya konsentrasi mineral dan protein pada susu sapi dapat merusak ginjal bayi.


Madu, Makanan yang berbahaya bagi si Buah Hati Dibawah 1 Tahun

Meski madu terkenal akan khasiatnya, namun madu bisa menjadi racun bagi tubuh bayi. hal ini dikarenakan madu terkadang mengandung bakteri yang bernama Clostridium botulinum, bakteri ini dapat memicu Botulisme atau keracunan makanan pada bayi. Penyakit ini akan terlihat sejak 8 sampai dengan 36 jam setelah mengonsumsi madu. Penyakit ini sangatlah berbahaya, cirinya adalah munculnya gejala konstipasi, lesu, dan hilangknya selera makan. selain itu, kandungan gula pada madu juga dapat merusak gigi.

Makanan yang mengandung Garam

Pada dasarnya, Bayi usia satu tahun kebawah belum terelalu memerlukan asupan garam untuk tubuhnya. garam tidak baik untuk kesehatan ginjal si buah hati, hindari juga makanan sereal, karena makanan cepat saji ini terlalu banyak mengandung garam yang belum tentu dibutuhkan si buah hati.

Makanan yang mengandung Gula

selain garam, gula juga belum diperlukan bagi bayi usia satu tahun kebawah. Gula dapat merusak gigi si bayi. akan tetapi, jika memang bunda ingin memaksakan menmberikan tambahan gula pada makananya, ada cara yang alami, yaitu menambahkan ASI, susu formula, atau buha – buahan segar ya.

Makanan yang mengandung Lemak Jenuh

Keripik Kentang, Kue, Biskuit merupakan contoh makanan yang mengandung lemak jenuh. Disarankan untuk tidak memberikan makanan tersebut arena mengandung cukup banyak lemak jenuh. cara lain untuk mengetahui kandungan lemak jenuh adalah dengan melihat pada label nutrisi kemasan.

Jenis Ikan yang berbahaya bagi Bayi

Selain murah, ikan mengandung protein hewani yang tinggi. Meski begitu, Ikan makarel, daging ikan hiu, ikan marlin, atau ikan todak harus dihindari karena mengandung kiadar merkuri yang sangat tinggi dan tentunya sangat berbahaya bagi kesehatan bayi anda.

Telur Setengah Matang Berbahaya bagi bayi usia dibawah satu tahun

Sebenarnya telur sudah bisa menjadi menu makan si buah hati ketika usianya telah menginjak 6 bulan. tapi perlu digaris bawahi, telur tersebut harus benar – benar matang. jangan sekalai – kali memberikan telur setengah matang untuk konsumsi bayi ya bunda. telur yang belum matang sempurna sangat mungkin mengandung bakteri Salmonella yang mampu membuat bayi keracunan. olahan seperti mayonaise juga berbahaya loh bunda, karena mayonaise mengandung telur mentah.

Cukup mengagetkan membaca fakta yang terkandung pada 7 Makanan yang berbahaya bagi si Buah Hati diatas. Karena sebagian besar masyarakat sudah melakukannya secara turun temurun dan menjadi tradisi.

Maka dari itu, mulai sekarang yuk kurangi dan berhenti memberikan asupan makanan dan minuman yang berbahaya bagi sang buah hati. 🙂

Yuk Share Artikel Kesehatan ini ke sosial media kamu....

Setelah Yuk Kenali 7 Jenis Makanan Yang Berbahaya Bagi si Buah Hati, Baca Juga Tips Kesehatan Di Bawah Ini