5 Penyakit Anak Berbahaya yang Harus di Waspadai

Please log in or register to like posts.
News
Penyakit Anak Berbahaya

5 Penyakit Anak Berbahaya –  Anak adalah salah satu hal yang sangat berharga untuk semua kalangan orang tua . Dimana kita sebagai orang tua kita harus menjaganya dari bayi sampai mengantarkannya ke proses dewasanya . Di lain hal , anak yang masih kecil (balita ) sangat rentan terserang penyakit . Hal ini di karenakan sistem imun tubuhnya belum terlalu kuat untuk menahan serangan bakteri maupun virus dari luar . Hal yang paling penting ketika anak anda sakit ,sebagai orang tua anda harus  melakukan penanganan penanganan yang tepat dan cepat untuk memberikan obat yang sesuai . Berikut penyakit anak yang harus di waspadai oleh orang tua dan penangananannya

1. Demam tinggi

Ketika anak berusia lebih dari 1 tahun dan terkena demam, sering kali para orang tua khawatir akan kondisi anaknya yang terkena demam, walapun sebenarnya demam itu suatu kondisi fisik untuk mempertahankan diri dari infeksi. Ketika anak Anda demam, menandakan bahwa kekebalan tubuh anak Anda sedang bekerja.

Ketika anak Anda demam langkah cepat yang harus Anda lakukan yaitu memberinya obat penurun panas yang sudah sesuai dengan dosis yang sudah ditetapkan. Sebagian besar penyebab demam bukanlah kasus gawat darurat, akan tetapi apabila anak Anda mengalami demam seperti:Demam dengan suhu 40 derajat Celcius atau  lebih dari 4 – 5 hari berturut-turut,segera hubungi dokter.

2. Sakit kepala hebat

Lima tanda bahaya yang harus diwaspadai pada anak selanjutnya adalah sakit kepala yang hebat. Pada umumnya sakit kepala ringan akan hilang dengan obat sakit kepala yang terjual di toko obat terdekat. Akan tetapi apabila anak Anda mengalami sakit kepala dalam beberapa jam atau sakit kepala yang sangat hebat, yang membuat anak Anda tidak mau makan, bermain dan sebagainya segera hubungi dokter Anda.Sakit kepala ringan biasanya disebabkan oleh otot yang tegang dan bukan berasal dari otak. Akan tetapi sakit kepala yang hebat biasanya disertai dengan gangguan neurologis, seperti pusing, penglihatan kabur, bingun, kepala terasa berat, sulit berjalan, maka segeralah hubungi dokter.Selain itu, sakit kepala yang hebat biasanya disertai dengan demam, muntah, kaku pada leher merupakan adanya infeksi atau penyakit serius, seperti radang selaput otak, kanker otak dan sebagainya. Apabila anak Anda sering mengalami sakit kepala segera hubungi dokter.

3. Timbul bercak kemerahan

Jika anak Anda mengalami bercak kemerahan di kaki atau tangan mungkin bukan suatu hal yang mengkhawatirkan, akan tetapi apabila bercak kemerahan itu terdapat hampir sekujur tubuh anak Anda perlu waspada dan segera mungkin hubungi kembali dokter Anda.Penyebab timbulnya bercak kemerahan pada anak salah satunya disebabkan karena adanya infeksi berat akibat masuknya kuman ke dalam darah terutama bila disertai demam.Bercak merah yang menyebar diseluruh tubuh bisa juga disebabkan kerana suatu reaksi alergi yang juga bisa menimbulkan bengkak pada mata dan bibir anak Anda. Apabila terjadi hal seperti itu, hubungi kembali dokter anak Anda. Jangan anggap enteng dengan reaksi alergi, karena jika alergi disertai dengan gangguan pada pernapasan, maka dapat mengancam nyawa anak Anda.

4. Gangguan pencernaan berat

Hal yang biasa dialami pada gangguan pencernaan pada seorang anak yaitu muntah-muntah dan diare. Muntah dan diare ini bisa menyebabkan anak dehidrasi. Dehidrasi ringan yang terjadi pada anak bisa diatasi dengan memberi tambahan elektrolit melalui air minum. Akan tetapi jika dehidrasi sedang atau bahkan berat, segera hubungi dokter.

5. Terasa kaku pada leher

Rasa kaku pada leher anak ini mengindikasikan terjadinya meningitis yang memerlukan penanganan medis segera. Tetapi kaku pada leher bisa juga disebabkan kerana ketegangan pada otot. Pada meningitis biasanya disertai dengan demam, sakit kepala dan terasa melayang.

Para pembaca yang budiman dimanapun Anda berada, itulah 5 tanda bahaya yang harus diwaspadai pada anak kita. Jika satu dari kelima tanda bahaya tersebut di temukan pada buah hati  anda, segeralah bawa ke dokter untuk mendapatkan penanganan medis.

0 comments on “5 Penyakit Anak Berbahaya yang Harus di Waspadai

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *